-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


POLISI LAKSANAKAN PENGAMANAN PILGUB JABAR BERJALAN KONDUSIF

Sabtu, 31 Agustus 2024

60MENIT.COM, Bandung - Pendaftaran calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat telah dibuka pada Selasa (27/8/2024) dan Polri beserta TNI melaksanakan pengamanan selama prosesi pendaftaran berlangsung untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polda Jawa Barat.

Bakal calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi menjadi pendaftar pertama di Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jawa Barat untuk mengikuti Pilgub Jabar 2024 yang datang bersama calon wakilnya, Erwan Setiawan.

Hal ini dipastikan oleh Polda Jabar, bahwa situasi pendaftaran di hari pertama berjalan aman dan lancar. Tidak ada aksi dari pendukung yang mengganggu keamanan ketertiban kelancaran lalu lintas di sekitar lokasi.

Selanjutnya hari kedua pendaftaran, KPU Jabar sepi namun dijaga sejumlah aparat keamanan TNI-Polri. Suasana ini jauh berbeda dari hari pertama pendaftaran, yang mana area depan gerbang KPU Jabar dipadati arak-arakan massa pendukung paslon namun berkat upaya yang dilakukan Polri beserta TNI situasi berjalan kondusif.

Di hari ke tiga atau hari terakhir pendaftaran di Kantor KPU Provinsi, Polda Jabar di bantu TNI tetap siaga di lokasi dari pagi hari meskipun infomasi yang di dapat bahwa bakal calon Gubernur Jabar akan mendaftarkan diri pada malam hari dan KPU Jabar pun telah melakukan komunikasi intensif dengan pihak aparat agar tak jadi penumpukan.

Diketahui 3 pasang bakal calon Gubernur yang daftar di KPU Provinsi adalah H. Akhmad Syaiku – Ilham Akbar Habibie diusung oleh PKS dan Partai NasDem lalu ada Acep Adang Ruhiat - Gitalis Dwi Natarina "Gita KDI" diusung oleh PKB serta H. Jeje Wiranata - Ronal Sunandar, S.Sos diusung oleh PDI Perjungan.

Kepolisian Daerah Jawa Barat pun mengimbau para paslon dan partai pendukungnya agar memperhatikan penggunaan kendaraan. Mengingat pada pendaftaran hari pertama kemarin, sempat terjadi penumpukan arus lalu lintas namun berkat upaya dari Polisi Lalulintas kemacetan bisa terurai dan lalu lintas kembali lancar.

Berkat upaya aparat keamanan TNI – Polri yang bersiaga di lokasi serta dari para pendukung partai yang selalu mengikuti arahan dan himbauan oleh aparat yang bertugas, situasi selama proses pendaftaran Bakal Calon Gubernur Jawa Barat berjalan aman dan kondusif.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Jules Abraham Abast S.I.K. menyampaikan pengamanan yang dilakukan oleh personel Polda Jabar telah direncanakan dengan matang. Selain itu, pelaksanaan pengamanan juga sesuai dengan prosedur yang ketat. 

"Kami memastikan bahwa seluruh rangkaian pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar berjalan dengan aman dan tertib. Personel kami telah disebar di berbagai titik strategis untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan. Tugas kami adalah memastikan bahwa proses demokrasi ini dapat berlangsung tanpa hambatan, sesuai dengan harapan masyarakat Jawa Barat". ujar nya.
(Taupik)