-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Diduga Proyek Siluman di Desa Kawali Mukti Kecamatan Kawali Ciamis Jadi Bancakan, Masyarakat Bertanya Tanya

60menit.com
Selasa, 30 Juli 2024

Foto lokasi proyek pembangunan jalan cor beton di desa Kawali Mukti Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Pidin)


60Menit.com, Ciamis | Ciamis pembangunan jalan cor beton di desa Kawali Mukti Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis Jawa Barat diduga di kerjakan asal jadi kenapa tidak pembangunan jalan cor beton yang bersumber anggaran dari Propinsi 2023 akhir taun dilaksanakan awal taun 2024. tidak sesuai spesifikasi teknis (spek) dan rencana anggaran belanja.


“Serta terkesan lebih memprioritaskan keuntungan pribadi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Mengutamakan keuntungan dari pada   kualitas dan asas manfaat untuk masyarakat.


Menurut hasil pantauan awak media di lapangan pada hari Senin (29/07/2024)jalan cor beton tersebut diduga tidak sesuai spek kerena nampak di lokasi bangunan secara kasat mata coran jalan tersebut terlalu muda kurang semen karna sudah banyak yang mengelupas dan ngepruy.


Tim investigasi media 60menit.com menemui salah satu warga setempat yang namanya enggan dipublikasikan inisial RJ kepada awak media Senin (29/07/2024) mengatakan bangunan jalan ini dibangun awal Tahun 2024, tapi lihat kondisi jalan ini pak hasil pekerjaannya seperti ini. Masalahnya mau cepet gak rusak gimana keusik pasir 10 takeran/dolak splite 12 takaran/dolak sedangkan semen cuman setengah sak.


"Saya sebagai warga dan temen saya juga sebagai pekerja yang memborong upah kerjanya sangat tidak setuju cuman saya sebatas pelaksana pak ya nurut saja mau gai manapun itu resiko desa. Dan kalau di tanya anggaran dari mana saya tidak tau dan kalau papan nama saya tau dari awal gak di pasang pengawasan dari pemerintah desa pun tidak ada yang hadir nungguin pekerjaan ini pak," kata RJ.


Tampak Coran Jalan baru ini sudah melepuh gembur dan rapuh.


Dengan adanya pemberitaan ini kami berharap pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis khusunya Dinas terkait agar lebih ekstra dalam memberikan pengawasan terhadap perencanaan hingga realisasi penggunaan dana, terhindar dari penyalahgunaan oleh oknum oknum yang nakal.


Terpisah saat awak media mencoba mendatangi kantor pemerintah desa mau konfirmasi kepala desa Kawali Mukti cuman tidak ada di tempat cuman ada dua orang perangkat desa salah satu Kaur umum Adang.


Adang mengutarakan yang lain lagi pada keluar lagi ada acara pak saya kalau masalah itu apa yang bapak tanyakan pembicaraan kami takut salah silahkan langsung tanyakan saja kepada kepala desa langsung ya pak maaf sekali, mencoba melalui pesan via whatsApp kades di sayangkan no tersebut tidak aktif, mencoba menghubungi sekdesnya melalui WhatsApp malah cuman di baca saja gak ada jawaban. Berita tunggu selanjutnya.


(P. Seprudin)